Plus Minus Bermain Facebook

Advertisement:
Facebook atau yang biasa di singkat FB saya kira sebagian besar sudah mengetahui apa itu facebook, dan saya yakin juga rata-rata anda yang membaca postingan ini sudah memiliki akun di facebook.com begitu pun dengan saya yang sudah memiliki akun facebook sejak 5 tahun silam tepatnya 14 Maret 2009 ketika masa2 facebook belum setenar sekarang ( sungguh tak terasa ). Kalau dicermati rasanya sedikit berbeda isi status saya yang dulu ( ketika awal2 bergabung di facebook ) dengan yang sekarang, mungkin begitu pun dengan anda. << bukankah begitu? hehe...

Kalo dulu orang bermain facebook kebanyakan hanya sekedar mengisi waktu luang sambil bersilaturahim ke kawan-kawan yang sudah lama tak bersua maupun untuk mencari kenalan baru. Namun seiring perkembangan dan perbungaan zaman dan semakin berbondong-bondongnya orang mendaftar di jejaring social kini fungsi facebook mulai bergeser dari fungsi utamanya, bagi sebagian orang yang mengkomersilkan facebook menjadi lahan mencari pundi - pundi rupiah/dollar $$ yang menguntungkan. Sebut saja pemanfaatan fanspage dijadikan sebagai lahan untuk mempromosikan barang dagangan maupun jasa yang mereka miliki.

Selanjutnya kita berbicara soal Plus Minus Bermain Facebook

Plus Bermain Facebook

Pengalaman saya selama +5 thn berkecimpung dunia maya yakni Facebook banyak sekali plus minus / manfaat dan mudhorot bermain facebook diantaranya:

  • Menjalin Silaturahim
Yups sebagai manusia tentu kita harus terus menjaga tali silaturahim kita antar keluarga, saudara, teman, kerabat sehingga tercipta hubungan hablum minannas yang baik. Dan uniknya ada beberapa teman saya yang mendapatkan jodohnya lewat facebook. Seru jg yah ternyata facebook bisa dijadikan makcomblang. hehe...

  • Saling Nasihat Menasihati
Sebagai seorang muslim/mat yang tidak mau rugi sebagaimana yang tercantum pada QS. Al-'Asr 1-3
Artinya:
1. Demi Masa
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. Kecuali orang2 yg beriman & mengerjakan amal soleh dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.
Jadi agar kita tidak rugi, kita bisa isi update status kita dengan ayat Al-Qur'an, Hadits, kata-kata hikmah mutiara, nasihat dsb yang tentunya bermanfaat untuk para pengguna facebook terlebih yang sudah menjadi list friends. Dengan harapan orang lain yg membacanya bisa terketuk hatinya sehingga secara tidak langsung kita telah berdakwah meskipun lewat tulisan dan insyaAllah akan mendapat pahala di sisi Allah swt. Aamiin. Tentunya akan lebih baik bila kita berdakwah secara langsung face to face.
Dan ternyata para ustadz, kiyai seperti KH. Muhammad Arifin Ilham & AaGym dll selain berdakwah langsung, beliau-beliau juga memanfaatkan media sosial terutama facebook sebagai sarana berdakwah seluasnya-luasnya dan sebanyak-banyak nya manusia karena dengan facebook bisa menjangkau hingga keberbagai negara. WoW

  • Mendapat Ilmu
Seringkali saya membuka facebook hanya untuk membaca update status teman-teman / para tokoh agama yang berisi nasihat, Al-Qur'an, Hadits, kata-kata hikmah mutiara lainnya sehingga sangat bermanfaat bagi diris saya pribadi. Selain itu banyak juga dari kawan-kawan /para penulis/ dokter/ saintis yang share ilmu atau penelitian-penelitian tertentu yang membuat kita merasa owh begitu :D.

  • Jualan
Nah poin ini yang kini sedang marak, dengan mebludaknya pengguna facebook sehingga menjadi lahan yang empuk untuk kita berpromosi barang dagangan / jasa kita. Mungkin bagi siapa pun akan merasa terganggu dengan iklan-iklan / promosi-promosi yang berlebihan (hampir setiap jam) hardselling di beranda facebook/fanspage mereka. Namun bila kita cerdas memanfaatkan waktu-waktu yang pas untuk berpromosi tentu itu merupakan hal yang cukup baik dengan dibumbui softselling yang membuat orang penasaran/tertarik dan akhirnya menjadi cost. Pastinya perlu pembelajaran untuk hal ini.

Minus Bermain Facebook

Berbicara soal minus facebook mungkin akan banyak sekali namun disini saya akan menyampaikan poin - poin pentingnya saja. diantaranya:

  • Kecanduan / Addict
Yups segala yang bersifat kecanduan tentu berdampak negatif terkecuali ibadah kepada sang Khaliq. :D banyak dari kawan-kawan juga atau yang baru kenal di facebook yang kesehariannya disibukkan dengan facebook, entah itu update status ga jelas, komentar ngawur, upload foto-foto tak senonoh dan masih banyak lagi sehingga habislah waktu hanya untuk facebook dan secara otomatis melalaikan kewajiban-kewajiban dan sunnah-sunnah yang mestinya kita dahulukan.
  • Kejahatan
Ini yang perlu anda hindari bila bermain facebook terutama update status "lagi sendiri dirumah" | sedang pergi kesuatu tempat sendiri" | butuh teman ngobrol dll tentu bagi orang yang ada pikiran jahat dalam dirinya akan memanfaatkan momen ini untuk melakukan aksi kejahatannya. Oleh karena itu hentikan update status seperti itu. Kedua Upload foto-foto syur terutama para wanita sehingga memancing lelaki mata keranjang untuk melakukan sesuatu pada diri anda. Maka berhati-hatilah. Ke-3 Komentar pedas. Terkadang kita acuh tak acuh mengomentari status teman FB yang menimbulkan perdebatan sehingga saling memusuhi dan Na'udzubillah yang berakhir pada tindakan keejaahatan.

  • Yang Jauh Mendekat | Yang Dekat Menjauh
Pada poin Yang Jauh Mendekat mengenai menjalin silaturahim baik yang sudah kenal maupun yang belum, Namun untuk Yang Dekat Menjauh anda harus berhati-hati seperti halnya kita mengomentari status teman2 ( yang sudah kenal bahkan akrab di dunia nyata) dengan komentar hal-hal negatif lantaran kita kurang setuju dengan update status mereka sehingga cenderung merenggangkan hubungan kita dengan mereka. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam berkomentar.

Yups, mungkin itu sebagian Plus Minus dalam Bermain Facebook yang tentunya masih ada banyak lagi yang belum saya paparkan di atas, bila anda ada pengalaman terkait Plus Minus Bermain Facebook bisa share di sini ( pada kolom komentar ) semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca lainnya. Terimakasih sudah berkunjung. Silahkan share jika info ini bermanfaat.
Advertisement:

0 Response to "Plus Minus Bermain Facebook"

Post a Comment