Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghemat Paket Internet Pada HP Android

Cara Menghemat Paket Internet Pada HP Android - Kian hari smartphone berbasis android semakin populer dan banyak peminatnya tak hanya vendor terkenal saja yang mengusung HP beroperating sistem android, ternyata berbagai vendor anayar (baca : lokal/cina) ikut meramaikan pasar HP android sehingga persaingan semakin ketat dan berebut menyuguhkan HP android murah bahkan di bawah 1 juta.

Cara Menghemat Paket Internet Pada HP Android
Cara Menghemat Paket Internet Pada HP Android
Dengan memiliki HP Android yang selalu berlangganan paket internet akan sangat menguntungkan kita karena kita akan selalu update dengan perkembangan dunia terutama dunia maya. Bahkan ada kawan saya yang bertutur "Kalo HP android tanpa paket internet itu bagaikan HP tak ada nyawanya" hemm... ada benarnya juga ya pasalnya agar berbagai fiture yang ada pada HP Android bisa berjalan mulus maka diperlukan paket internet yang selalu ON.

Namun dibalik itu semua banyak juga keluhan yang merasa kok paket internet saya cepat habis ya padahal saya jarang ON dan dirasa paket internet murah yang ditawarkan oleh para operator selluler terasa kurang, oleh karena itu kita harus mengehmatnya. Nah ada beberapa penyebab kenapa HP Android cepat habis kuota internetnya yuk kita bahas.

Cara Menghemat Paket Internet Pada HP Android

1. Non Aktifkan Auto UpDate Google Play Store
Yups auto update merupakan faktor pertama penyumbang terbesar borosnya paket internet pada HP Android. Kita mungkin sering menginstal berbagai aplikasi dan game android dari ukuran filenya rendah hingga ukuran Giga Byte, dan asal anda tahu secara berkala biasanya para developer pembuat apikasi dan game selalu memperbaharui gamenya mulai dari penambahan, perbaikan dan fiture-fiture didalamnya nah dari notofikasi itulah paket internet kita terkuras. Maka kita perlu mematikan fiture auto update pada hp android kita.
Cara Menghemat Paket Internet Pada HP AndroidCara Menghemat Paket Internet Pada HP Android

2. Kurangi Aktifitas Online dan Non Aktifkan fiture Gambar
Searching, Chatting, streaming yang banyak memunculkan gambar/foto akan sangat menguras bandwith ( paket internet ) maka disarankan bila aktifitas online anda hanya sekedar membaca tulisan ( tanpa melibatkan gambar/foto ) maka non aktifkan saja fiture load gambar maka itu akan sangat menghemat paket internet hp android.

3. Matikan Lalulintas Data & Aktifkan WiFi
Bila lalu lintas data aktif maka notifikasi dari aplikasi dan game akan terus masuk dan tentu dapat menguras paket internet. Lain halnya bila anda mengaktifkan WiFi (bila berada di jaringan WiFi) tentu akan sangat menghemat pemakaian quota paket internet anda.

4. Non Aktifkan Auto Sync
Mematikan fiture auto sync pada hp android anda akan cukup membantu dalam menghemat paket internet. Google punya beberapa layanan auto sync, aktifkan saja yang menurut anda sangat penting seperti Gmail, contact, calendar selebihnya matikan saja.

5. Hapus Widget Cuaca
Sebagian besar HP android biasanya menempatkan widget cuaca pada background dan sedikit banyak akan mengurangi paket internet, nah bila anda kurang membutuhkan berapa cuaca hari ini, maka hapus saja dari backgroud.

6. Bijak Memilih Paket Internet & Pilih Jam Internet
Dari banyaknya operator selluler yang ada di indonesia masing-masing berlomba-lomba memberikan layanan paket internet murah. Pilihlah yang pas dikantong dan memiliki sinyal yang cukup kuat di daerah anda. Biasanya ada ketentuan yang berlaku dari jam sekian sampai jam sekian. Pergunakanlah (aktifkanlah) data paket internet di jam jam yang memiliki kuota internet yang lebih banyak, selebihnya matikan data internet (itupun jika anda tak begitu ketergantungan dengan internet).

Yups itulah sekelumit Cara Menghemat Paket Internet Pada HP Android yang saya lakukan dan terbukti sangat menghemat penggunaan paket internet saya. Lalu bagaimana dengan anda? Terimakasih sudah berkunjung dan silahkan di share jika info ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Paket Internet Pada HP Android"