Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala dan Penyebab Usus Buntu

Gejala dan Penyebab Usus Buntu | Penyakit usus buntu yg dalam bahasa latinya Apendiks biasanya terjadi pd orang yg jarang/ tak suka makan makanan yang berserat tinggi seperti sayur dan buah-buahan. Kemungkinan penyebab usus buntu sedikit banyak adalah disebabkan kurangnya asupan serat ke lambung sedangkan penyebab usus buntu pastinya belum banyak yang mngetahui.

Usus Buntu (Apendiks)
Usus Buntu (Apendiks)
Bila kekurangan serat maka akan berakibat pada feses (tinja) yang keras maka akan susah buang air besar. Nah hal ini dapat memperbesar kemungkinan masuknya tinja tsb ke dlm saluran usus buntu yg terhubung langsung dgn usus besar.

Pada masyarakat Indonsia, makan buah jambu biji serta bijinya dan kebiasaan makan cabe merah merupakan faktor penyebab usus buntu yang utama. Hal ini cukup beralasan sebab biji jambu dan cabe sebenarnya tidak akan tercerna dengan baik dan memungkinan biji tersebut masuk ke dalam saluran usus buntu dan dapat memicu terjadinya peradangan.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit usus buntu, tapi hal yang terpenting adalah seorang yg didiagnosa menderita penyakit usus buntu harus sesegera mungkin ditangani dengan serius karena dapat berakibat fatal. Bila usus buntu tak segera diobati sampai mengakibatkan ususnya pecah, maka ada kemungkinan kuman usus masuk kedalam perut yang bisa mengakibtkan peritonitis, maka akibatnya akan fatal.

Tanda - tanda Usus Buntu

Penyakit usus buntu (apendiks) biasanya memiliki tanda - tanda yang kemiripan dengan penyakit akut lainnya seperti lambung, gangguan empedu dsb, hingga cukup sulit untuk mamastikan bahwa orang tsb divonis berpenyakit usus buntu. Namun bila sobat mengalami beberapa tanda - tanda usus buntu seperti berikut, nah anda harus waspada dan segera periksakan ke dokter.
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Mual, muntah yang disertai nyeri di perut bagian kanan bawah
  • Bengkak pada perut bagian kanan bawah, bila sudah parah biasanya perut akan terlihat kemerah-merahan.
  • Demam tinggi hingga mencapai lebih dari 38 derajat celcius.
Lalu bagaimana tanda - tanda usus buntu tsb sudah muncul?
Jus Wortel + Bayam
Jus Wortel + Bayam

Nah kali ini InfoNewbi punya resep dengan mengonsumsi jus alami dan tradisional untuk meringankan gejala usus buntu tsb:
  • Pagi Hari     : 1 gelas jus Wortel + ½ gelas jus bayam 
  • Siang Hari   : 1 gelas jus Wortel + ½ gelas jus Celery + 1/3 gelas jus bayam 
  • Sore Hari    : 1 gelas jus Wortel + 1/3 gelas jus Beet + 1/3 Gelas jus timun 
  • Malam Hari : 1 gelas jus Wortel
Ket: Minuman jus tersebut diminum secara teratur stiap hari hingga gejala usus buntunya berkurang.
Nah itulah Gejala dan Penyebab Usus Buntu serta resep alami dan tradisional meringankan gejala dan penyebab usus buntu, semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Gejala dan Penyebab Usus Buntu"