Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Tagihan Rekening Listrik PLN Online dan Via SMS

InfoNewbi - Ini adalah informasi menarik yang perlu anda simak. Jika saat ini anda telah merasa pelayanan PLN kurang maksimal dan ingin mengajukan complain maupun kritik juga saran mengenai layanan PLN, kami sarankan bapak, ibu, saudara/i untuk langsung saja menghubungi Kantor Layanan PLN yang terdekat di daerah anda. Dan dengan adanya aplikasi ini mudah-mudahan mempermudah saudara dalam melakukan pengecekan terkait besarnya biaya tagihan listrik yang harus anda bayar untuk setiap bulannya. Selain itu anda juga bisa melihat kembali banyaknya tagihan listrik pada beberapa bulan sebelumnya. Perlu anda pahami juga ingat bahwa untuk Informasi Tagihan Listrik Online yang telah anda lihat tersebut memang benar-benar bersumber langsung dari PLN, sehingga kevalidan nya benar-benar bisa dijamin informasinya.

PT PLN - Cara Cek Info Tagihan PLN Online dan SMS
PT PLN - Cara Cek Info Tagihan PLN Online dan SMS
Listrik merupakan kebutuhan yang paling utama dalam kehidupan kita sehari-hari. Bisa dibayangkan kalau tidak ada penerang berupa listrik, tentunya akan kesusahan karena memang listrik termasuk pemasok energi untuk menghidupkan lampu dan berbagai alat elektronik lainnya. Listrik memang sangat dapat kita nikmati akan tetapi juga dengan konsekuensi kita harus membayar beban tagihan listrik selama dalam masa satu bulan pemakaian. Untuk itu, Jika kita mampu untuk berhemat dalam pemakaiannya juga tentunya pasti akan sedikit biaya yang akan kita keluarkan, tetapi jika anda berlebihan dalam pemakaian juga tentunya akan membuat pengeluaran kita banyak untuk membayarnya. Sehingga alangkah baiknya jika kita mengetahui tagihan listrik PLN secara dini sehingga nantinya pasti akan memudahkan anda dalam mengontrol pemakaian listrik sehingga biaya yang dikeluarkan perbulannya bisa diantisipasi.

Sampai sekarang ini pihak PLN telah menerapkan 2 metode untuk mengecek tagihan listrik PLN yakni bisa melalui:
  1. Via online website PLN 
  2. via SMS.


UpDate: Untuk saat ini cek tagihan listrik via website PLN dan via SMS sudah ditiadakan alias sudah tidak bisa lagi, sebagai penggantinya yakni via Aplikasi PLN Mobile dan website non PLN, untuk pembahasan lengkapnya silahkan baca di link berikut ini http://www.ohdroid.com/2017/03/cara-cek-tagihan-listrik-online-lewat-hp.html . Thanks

  •  Cara Cek Tagihan Rekening Listrik PLN Online
Untuk mengecek info Tagihan Rekening Listrik PLN secara Online Silakan dibuka website PLN di www.pln.co.id. Selanjutnya perhatikan bagian kanan tengah dari website, nanti akan muncul form layanan online. Kemudian silakan diisikan Nomor ID pelanggan yang anda miliki pada form kecil tersebut. (Nomor ID pelanggan bisa anda lihat di Kotak meteran/sikring listrik anda yang berisi 12 digit deretan angka). Kalau memang sudah diisi silakan anda klik tombol Cek di sampingnya
Cara Cek Tagihan Rekening Listrik PLN Online
Kemudian akan keluar keterangan tentang berapa tagihan listrik PLN anda untuk bulan ini. (Lihat gambar di bawah ini).
Selain itu anda pun bisa melihat-lihat tagihan listrik PLN anda pada bulan-bulan yang telah lalu dengan menyetting pada bulan dan tahun, kemudian klik Cari.
Hasil pengecekan tagihan listrik PLN secara Online
Hasil pengecekan tagihan listrik PLN secara Online

Nah bagaimana mudah sekali kan?
  • Cara Cek Tagihan Rekening Listrik PLN Via SMS
Namun jika anda menginginkan mengecek tagihan listrik melalui SMS, ada 2 cara yang dapat dipilih yakni:
  1. Hanya mengecek tagihan listrik PLN pada bulan tertentu saja Caranya yaitu: dengan cara mengirimkan SMS dengan melalui format Ketik: REK(spasi)No ID Pelanggan terus silakan dikirim ke 8123.
  2. Jika ingin berlangganan pemberitahuan info tagihan listrik setiap bulan anda akan diberi kiriman SMS notifikasi/pemberitahuan mengenai total biaya tagihan listrik untuk bulan yang harus di bayar bulan ini. Caranya dengan mengirim SMS dengan format: Ketik: PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan Kirim ke 8123.
Kedua cara di atas saat ini hanya berlaku untuk sebagai operator seluler seperti Indosat, Telkomsel, Flexi & Mobile-8. Dikenakan biaya 500/sms. Nah jika kita menginginkan berhenti (stop) berlangganan SMS tagihan listrik dari PLN ini, kita tinggal mengetikkan PLN(spasi)OFF(spasi)ID pelanggan kemudian kirim ke nomor 8123.
Baca Juga: Untuk anda yang berlangganan jamsostek/BPJS kini anda pun bisa Cek Saldo Jamsostek/BPJS Secara Online melalui blog ini.
Demikian ulasan untuk Anda ketahui tentang Cara Cek Tagihan Rekening Listrik PLN Online dan Via SMS, bagaimana sangat mudah kan? Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Tagihan Rekening Listrik PLN Online dan Via SMS"